FRIHOST FORUMS SEARCH FAQ TOS BLOGS COMPETITIONS
You are invited to Log in or Register a free Frihost Account!

Katak Lembu sebagai Komoditi Ekspor




Ekspor paha katak di Indonesia sudah dimulai pada tahun 1969 sebanyak 28 ton dengan nilai 9.000 US$, kemudian pada tahun 1979 meningkat menjadi 2.567 ton dengan nilai 7.184.000 US$ (Anonim dalam Suparno, et al 1981). Sedangkan pada tahun 1989 volumenya berfluktuasi.

Pada masa sekarang ini budi daya katak lembu untuk komoditi ekspor mulai berkembang di masyarakat, khususnya di Jawa Timur. Dibandingkan dengan komoditas perikanan air tawar lainnya, katak lembu merupakan komoditas ekspor dengan volume paling besar. Namun demikian volume ekspor katak lembu masih jauh dari permintaan.

Katak hidup yang diekspor berukuran 4 5 ekor per Kg, sehat dan tidak cacat. Tampilan kodok sangat diutamakan karena dijual hidup-hidup, yang loyo-loyo diapkir. Dengan demikian penanganan pengiriman yang baik sangat diperlukan. Yang penting untuk diperhatikan, di tempat penampungan paling lama empat hari dan kodok tahan hingga tiga hari tanpa diberi pakan.

Pengiriman katak dilakukan menggunakan wadah berupa kotak terbuat dari "styrofoam" berukuran 50 x 30 x 35 cm dan berat 1 Kg yang diisi 60 ekor katak (sekitar 15 Kg katak). Wadah tidak diberi air. Sebelum pengiriman dilakukan katak dipuasakan terlebih dahulu selama 24 jam. Mengenai transportasi untuk ekspor tidak ada masalah. Pengalaman para eksportir menunjukan risiko kematian dan penyusutan sejak penampungan hingga kodok di tangan buyer di Singapura mencapai 10%.

Pemasaran kodok hidup tidak sekedar Singapura, bisa lebih luas seperti ke Hongkong, Perancis, Belgia, Luxemburg, Amerika, Kanada dan Belanda yang menggantungkan pasokan dari Singapura. Beberapa peternak katak lembu di Jawa Timur bahkan telah melakukan ekspor katak lembu hidup ke Malaysia.

Teknik budi daya katak lembu umumnya sudah dapat dilakukan dengan mudah, walaupun masih ada beberapa kendala yang perlu dipecahkan segera. Kenyataan bahwa prospek pengembangan budi daya katak lembu makin hari semakin cerah dapat dilihat dengan makin meningkatnya peternak katak. Mengingat kondisi di Indonesia yang merupakan negara tropis, maka pengembangan budi daya katak lembu sangat cocok. Perkembangan ternak katak lembu di Jawa Timur diharapkan dapat merangsang perkembangannya di daerah-daerah lainnya.

M-Info



0 blog comments below




FRIHOST HOME | FAQ | TOS | ABOUT US | CONTACT US | SITE MAP
© 2005-2011 Frihost, forums powered by phpBB.