FRIHOST FORUMS SEARCH FAQ TOS BLOGS COMPETITIONS
You are invited to Log in or Register a free Frihost Account!

TEKNIK PEMBENIHAN KATAK LEMBU




*** Wadah Pemijahan ***

Wadah pemijahan sebaiknya dibuat secara permanen dengan ketinggian yang cukup, supaya proses pemijahan dapat berlangsung dengan baik tanpa gangguan. Bak pemijahan dapat dibuat dari tembok, sebagian tembok dan sebagian lagi jaring, fibreglass atau yang lainnya. Ukuran bak bervariasi, tergantung lahan yang tersedia dan induk yang dipijahkan, minimal 1x1x1 m 3 .

Bak pemijahan yang sekarang banyak digunakan dibuat tanpa pelataran. Bak pemijahan harus memiliki saluran pemasukan air (inlet) dan saluran pembuangan (outlet), sehingga air dapat dialirkan dengan mudah. Di sekeliling bak sebaiknya ditutup plastik hitam dengan ketinggian sekitar 50 cm, sehingga proses perkawinan tidak terganggu.


*** Pemijahan ***

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk proses pemijahan katak lembu.

Katak lembu jantan dan betina yang akan dipijahkan disiapkan terlebih dahulu sebelum proses pemijahan dilakukan. Induk harus benar-benar cukup umur dan matang kelamin; untuk induk jantan minimal berumur 1 tahun, sedangkan induk betina minimal berumur 9 bulan. Berat induk yang akan dipijahkan sekitar 400-600 gram. Baik induk jantan dan betina sejak awal sudah dipelihara secara terpisah. Ciri induk betina sudah siap dikawinkan/matang gonad adalah secara visual perutnya membesar, apabila diraba terasa "mrengkel". Hal ini dapat ditentukan berdasarkan pengalaman secara naluri dan perasaan. Sedangkan tanda-tanda induk jantan siap kawin adalah berdasarkan suara/bunyi yang dikeluarkan.

Selanjutnya disiapkan tanaman air, seperti enceng gondok atau hidrila, dalam kondisi hidup dan segar serta bersih dari lumpur yang menempel pada akarnya di bak pemijahan yang dialiri air hingga setinggi 20 - 30 cm. Air dibiarkan mengalir pada saat berlangsung pemijahan untuk merangsang proses perkawinan. Akan lebih baik apabila sebelumnya bak dikeringkan terlebih dahulu selama 3 - 5 hari.

Langkah berikutnya memasukan induk jantan dan betina ke dalam bak dengan perbandingan jantan betina 1:1 atau 1:2 untuk bak berukuran 1 m2 . Untuk kondisi induk baik dalam waktu satu atau dua hari katak akan memijah. Apabila dalam waktu lebih dari 3 - 5 hari tidak terjadi pemijahan, maka harus diganti dengan induk yang lain. Selama pemijahan katak tidak diberi makan. Induk jantan dan betina yang akan melakukan proses perkawinan akan menunjukan respon; yang jantan akan mengejar betina dengan mengeluarkan suara, sedangkan yang betina akan membalikan badan, sehingga terjadi proses perkawinan. Apabila katak betina tidak memberikan respon, maka tidak terjadi proses perkawinan.

Setelah terjadi pemijahan sebaiknya induk segera diangkat dari bak, supaya tidak merusak/memakan telur yang ada. Telur yang sudah dibuahi didiamkan hingga menetas. Penetasannya lebih baik dengan menggunakan aerasi.



*** Penetasan ***

Penetasan telur dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu penetasan yang dilakukan di bak pemijahan setelah induk diangkat/dipindahkan dan penetasan dengan cara pemindahan telur yang sudah dibuahi ke dalam bak penetasan. Cara pertama tampak lebih mudah dilakukan. Cara kedua membutuhkan ketepatan waktu, ketekunan dan ketrampilan dalam mengangkat dan memindahkan telur, sedangkan pada cara pertama kecebong dipelihara selama satu bulan di bak pemijahan.

Pada kedua cara tersebut sebaiknya menggunakan aerasi dan suhu air di bak penetasan diupayakan sekitar 24-27 OC menggunakan heater, sehingga kemungkinan telur dapat menetas setelah 27 jam dapat tercapai.

Bak penetasan sebaiknya dibuat secara permanen dengan ukuran luas minimal 1 x 1 m2 , dan ketinggian 50 cm. Bak dilengkapi dengan kran untuk mengalirkan air ke dalamnya. Untuk menjaga kualitas air, maka air di bak diusahakan mengalir.

Larva atau kecebong dari telur yang menetas dapat diberi makanan buatan bentuk tepung dengan dosis secukupnya setelah cadangan makanan (yolk egg) habis, yaitu kira-kira setelah berumur 10 - 11 hari. Kecebong dapat diberi makanan sebelum kuning telur habis.



*** Pemeliharaan Kecebong ***

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk memelihara kecebong, yaitu pemeliharaan dalam bak permanen dan pemeliharaan dalam kolam tanah.

Pemeliharaan dalam bak. Padat penebaran yang dapat diterapkan adalah 300 - 500 ekor/m2 dan air diusahakan mengalir untuk menjaga kualitas. Pakan buatan dengan kadar protein kurang dari 30% dapat diberikan. Kecebong dipelihara di dalam bak sampai menjadi percil, maka apabila kecebong sudah keluar kaki depannya sebaiknya diberi tanaman air sebagai tempat bertengger calon percil. Kecebong yang sudah keluar kaki depannya tidak lagi memerlukan pakan, sehingga dapat dipindahkan ke dalam bak pemeliharaan percil.

Pemeliharaan dalam kolam tanah. Ukuran kolam minimal 50 m2 dengan ketinggian air sekitar 50 cm. Kolam dilengkapi dengan pipa pemasukan dan pengeluaran. Pada kolam dipasang hapa. Untuk kolam berukuran 50 m2 sebaiknya dipasang hapa sebanyak 4 buah, masing-masing berukuran 4 m2 . Para peternak katak umumnya dalam pemeliharaan kecebong menggunakan cara ini yang memudahkan dalam panen secara periodik. Apabila kecebong telah menjadi percil, maka dalam memanen tidak perlu mengeringkan kolam terlebih dahulu, cukup dengan mengangkat hapa. Selain itu hapa berfungsi untuk mencegah mortalitas yang tinggi, yaitu sebagai pelindung dari belut, kepiting dan ular.

Masalah utama pemeliharaan kecebong dalam bak maupun kolam tanah adalah tidak terjadinya metamorfosis secara bersamaan, sehingga penyediaan percil untuk dibesarkan terhambat. Kondisi yang diharapkan pada pemeliharaan kecebong adalah terjadinya metamorfosis secara serentak, ukuran berat maksimal dan waktu pertumbuhan relatip singkat. Produksi percil tidak terlepas dari keberhasilan dalam penanganan pemeliharaan kecebong. Untuk penyediaan stok percil harus diupayakan agar percil diperoleh dengan ukuran yang relatip besar supaya mudah dilatih makan pelet, sehingga memudahkan pemeliharaan pembesaran selanjutnya.



0 blog comments below




FRIHOST HOME | FAQ | TOS | ABOUT US | CONTACT US | SITE MAP
© 2005-2011 Frihost, forums powered by phpBB.