FRIHOST FORUMS SEARCH FAQ TOS BLOGS COMPETITIONS
You are invited to Log in or Register a free Frihost Account!

Prospek Peternakan Katak Lembu di Indonesia




Katak merupakan salah satu komoditas potensial dari perikanan air tawar, namun belum banyak diketahui dan dikembangkan oleh masyarakat.

Katak sudah lama dikenal di Indonesia sebagai bahan makanan. Di Indonesia ada lima jenis katak yang dapat dimakan, yaitu :

Disamping katak tersebut di atas ada katak impor, yaitu katak lembu (Rana catesbeiana Shaw / katak bullfrog / katak bengala) yang dikembangkan dan diujicobakan di Balikanwar maupun BBAT Sukabumi. Katak ini merupakan katak komersial, bersifat lebih jinak, lebih adaptip terhadap lingkungan buatan, mudah dilatih makan, ukurannya lebih besar dari pada katak lokal dan dapat tumbuh cukup pesat.

Dalam kaitannya dengan pasok katak masalah yang perlu diperhatikan adalah apabila katak pasokan berasal dari jenis katak lokal hasil penangkapan sebagaimana dilakukan sebelumnya, maka seringnya penangkapan katak di alam menyebabkan populasi katak semakin menurun, disamping ukuran katak juga semakin kecil. Selain itu penangkapan katak yang tidak terkontrol menyebabkan rusaknya ekosistem.

Di Indonesia budidaya katak lembu berkembang terutama di Jawa Timur; antara lain Malang, Pasuruhan, Mojokerto, Surabaya, Banyuwangi dan Lamongan. Bahkan di Jawa Timur terdapat dua perusahaan yang memproduksi pakan (pelet terapung).

Hasil pengembangan budidaya katak lembu pada masa mendatang ditentukan oleh beberapa pihak, yaitu Pemerintah sebagai pihak peneliti, pengembang maupun pengujicoba dalam rangka menggali potensi masyarakat dan pihak swasta; seperti petani kecil, pengusaha budidaya cold storage dan pengusaha pakan. Kesemuanya ini harus saling menunjang supaya usaha tersebut dapat berkembang secara terkendali.


M-Info



0 blog comments below




FRIHOST HOME | FAQ | TOS | ABOUT US | CONTACT US | SITE MAP
© 2005-2011 Frihost, forums powered by phpBB.